Resep dan Cara Membuat Peyek Kacang / Teri Ala Funny's Kitchen

Peyek Kacang / Teri Ala Funny's Kitchen
Cara Membuat Peyek Kacang / Teri Ala Funny's Kitchen - Makanan yang paling ditunggu-tunggu kalau weekend bagi saya adalah makan nasi pecel komplit dengan ayam serundeng, bakwan sayur, serta peyek kacang atau teri. Entahlah, sejuta sensasi saja rasanya jika menyantap nasi pecel di hari Minggu pagi.

Hihihi... jadi ingat waktu masih tinggal dirumah mamaku dulu, kami selalu setia menunggu si ayuk pecel lewat depan rumah setiap Minggu pagi. Jangan tanya resep sambel kacangnya yah, karena saya beli hehehe... tapi saya akan share resep peyek ala saya saja. Kalau berkenan monggo diikuti, kalau sudah punya resep andalan masing-masing yang lebih maknyus monggo dilewatkan saja postingan ini, happy weekend everyone ☺️🙏.

Oh iya, berhubung anak-anak saya tidak bisa makan pedas, maka saya buatkan simple soup sosis. Sayurannya tetap dari rebusan sayuran untuk pecel, tinggal ditambahkan beef broth (kaldu sapi cair), bawang putih bubuk, lada putih bubuk, sosis, dan ayam suwir (dari ayam serundeng). Naah, jadinya semua tetap bisa makan kan? Hehehehe...

Peyek Kacang / Teri Ala Funny's Kitchen

-------------------------------------------
Adonan:
300gr tepung beras
3 sdm tepung kanji / tapioka
1 telur ayam utuh
400ml santan cair (1 kaleng)
250gr Kacang tanah, belah jadi 2 --> *notes: kalau mau bikin peyek teri atau kacang hijau sama saja jumlahnya!
25 lembar daun jeruk, gunting kecil-kecil dan tipis.

Bumbu yang dihaluskan:

5 butir kemiri
5 siung bawang putih
3 sdm ketumbar utuh
1 sdt garam
1/2 sdt kaldu instant
1/4 sdt lada putih bubuk

Caranya :

- Siapkan mangkok besar, masukkan tepung beras, tepung kanji, daun jeruk, kacang, santan & bumbu, aduk rata.
- Panaskan wajan, ambil adonan 1 centong sayur yang kecil. Tuang adonan ke pinggiran wajan, lalu siram-siram dengan minyak panas, goreng sampai matang. Angkat, lalu tiriskan. Lakukan sampai habis. That's it. Selamat mencoba :))

#NasiPecelKomplit #MenuMantabsAkhirPekan #AyamSerundeng #PeyekKacang #PeyekTeri #SambalKacangEnak #YummyFood #HomemadeFood #FunnysKitchen #CopyrightPicturesFmsa2017.


*sumber: Fani Valenzuela

Posting Komentar untuk "Resep dan Cara Membuat Peyek Kacang / Teri Ala Funny's Kitchen"