Resep Chocolate Roll Buns

Resep Chocolate Roll Buns
Cara Membuat Chocolate Roll BunsRotinya lembut, enak, berserat :) saya coba buat variasi lain, dibikin roll seperti ini. Jadi adonan fermentasi yang pertama saya bagi 2. Adonan Yang pertama saya giling lalu atasnya saya oles selai coklat, gulung memanjang, potong2. Adonan yang kedua saya bikin roti sobek (tidak saya foto). Resep di dapat dr blog Amal kitchen ( resep original Vivian pang ) . Berikut resepnya yaa :)

Resep Chocolate Roll Buns ( water roux method )


Bahan Water Roux/ Tangzhong Starter :
- 24 gram tepung terigu protein tinggi
- 120 ml air

Bahan roti
- 120 gram water roux starter
- 110 _ 220 ml air/susu cair 
- 55 gram gula pasir
- 5 gram garam
- 250 gram tepung terigu protein tinggi
- 100 gram tepung terigu protein sedang
- 1 sdt ragi instan
- 30 gram margarin / minyak sayur

Cara Membuat:
1. Water Roux/ Tangzhong Starter : Masukkan tepung terigu ke dalam air, aduk dengan hand whisk hingga tidak bergerindil. Panaskan diatas api kecil sambil terus diaduk-aduk hingga adonan mengental dan transparan. Jangan sampai adonan berubah warna menjadi keabuan. Bila sudah muncul letupan pertama, angkat panci dan aduk cepat dengan hand whisk. Biarkan dingin.
2. Dalam baskom besar, masukkan gula pasir, ragi instan, dan air, aduk rata sampai gula larut. Masukkan adonan tangzhong starter. Aduk rata. Masukkan garam, aduk.
3. Masukkan tepung terigu ke dalam baskom sedikit demi sedikit sambil diaduk dengan sendok kayu. Uleni sampai adonan tercampur. Masukkan margarin, uleni hingga smooth, kalis elastis, kira-kira 10 - 15 menit. Olesi baskom dengan minyak. Tempatkan adonan tadi didalamnya, diamkan 1,5 hingga 2 jam atau sampai mengembang minimal 2 kali lipat.
4. Kepeskan adonan, gulung adonan hingga ukuran panjangnya sesuai dengan loyang yang digunakan. tempatkan dalam loyang yang sudah dioles mentega dan ditaburi tepung. Diamkan lagi hingga mengembang 2 kali lipat. Oles permukaan roti dengan putih telur, beri taburan sesuai selera atau tanpa taburan. Panggang dengan oven menggunakan api sedang selama 20-30 menit. Angkat, dinginkan, potong-potong dengan pisau yang tajam agar rapi. Sajikan.

Posting Komentar untuk "Resep Chocolate Roll Buns "