Resep Soto Betawi

Resep Soto Betawi
Cara Membuat Soto Betawi - Ini kali pertama saya masak soto betawi, karena ditantang teman orang Jakarta. Setelah googling, ternyata banyak sekali resep soto jakarta yang ngakunya asli. 

Oh iya, waktu saya makan di rumah teman itu, dia sendiri masaknya pake bumbu jadi, jadi dia ngga tau persis apa-apa aja bumbunya. Di Jakarta pun dia selalu makan di warung. 
Akhirnya dengan hasil ingatan rasa satu kali makan itu, plus googling, akhirnya saya coba racikan paduan beberapa resep. 

Ada beberapa bahan yang saya skip karena ngga suka, contohnya jeroan. Santan juga saya skip karena di beberapa resep juga ada yang tidak pakai santan, dan juga kalau menurut bumbu-bumbu yang saya pakai, rasanya pun sudah sangat gurih tanpa santan. 

Mohon masukannya dong buat orang Jakarta, bener ngga sih resep ini?
Kalau menurut temen saya, rasanya sih sedap banget hehehe.


Resep Soto Betawi

by Made Suardani

Bahan:
1 kg daging sandung lamur
2 liter air
5 lembar daun jeruk
2 batang sereh, ambil bagian putih, geprek
Lengkuas, geprek
1 batang kayu manis
Bumbu yang dihaluskan:
10 butir bawang merah
7 siung bawang putih
1 ruas jari jahe
2 buah cabe merah, buang bijinya
5 butir kemiri
2 cm kunyit
2 butir cengkeh
1/2 sdt jintan
1 sdt ketumbar
Seiris pala 
10 butir merica
2 sdt garam (menurut selera)
Pelengkap:
3 buah tomat, potong kasar
6 buah kentang, potong menurut selera, goreng
Emping goreng 
4 butir telur, rebus belah dua
Daun bawang, iris tipis
Daun seledri, iris tipis
Bawang goreng
2 jeruk nipis, bagi 8
Sambel cabe rawit
Kecap manis

Cara membuat:
Didihkan air, masukkan daging bersama semua sisa bahan. Kecilkan api. 
Sementara itu ulek (blender) semua bahan bumbu yang dihaluskan. Tumis bumbu sampai harum, masukkan ke dalam rebusan daging. Rebus perlahan sampai daging empuk. Keluarkan daging, potong-potong sesuai selera.
Dalam mangkok, susun irisan tomat, kentang goreng dan telur rebus. Siram dengan kuah soto. Taburi dengan daun bawang, seledri dan bawang goreng. Kucuri dengan jeruk nipis, tambahkan kecap manis dan sambal cabe rawit sesuai selera. Santap bersama emping goreng. 

Selamat mencoba.

Posting Komentar untuk "Resep Soto Betawi"