Resep dan Cara Membuat Ombus Ombus by Nita Rossilawati

Resep ombus ombus
Ombus ombus by Nita
Cara membuat ombus-ombus - Kalo saya nyebut makanan jadul ini ombus-ombus, kalo pak suami yang orang Simalungun nyebutnya itak. Kalo di tempat bunda namanya apa ya?

Sekarang di Medan udah jarang banget bunda tukang jajanan pasar yang jual. Waktu kami kecil, mamak sering buatnya. Berhubung tadi ada sisa daun abis buat pepes, saya pake buat nebus rasa rindu saya sama si ombus-ombus buatan mamak..

Ombus Ombus

by Nita Rossilawati

Bahan :
500 gram tepung beras
2 butir kelapa parut (ambil putihnya saja)
2 sdm garam
20 sdm gula (bisa disesuaikan sama selera bunda masing-masing)
Gula meras iris (untuk isian, saya gak pake, karena pengennya ombus-ombus putih aja)

Cara :
1. Campur kelapa parut, tepung beras, gula dan garam di baskom.
2. Aduk rata sambil koreksi rasanya.
3. Alasi kukusan dengan daun pisang. Panaskan kukusan sampe mendidih. Masukkan campuran kelapa tepung beras. Kukus kira-kira 5 menit (bisa ditambahin pandan yg udah disobek biar tambah wangi, di rumah tadi pas gak ada pandan, jadi saya gak pake) cuma sampai kelapa lengket sama tepung berasnya. Matikan kompor.
4. Sobek-sobek daun pisang selebar 5 jari, bentuk kerucut. Isi dengan adonan kelapa tepung beras yang sudah dikukus kira-kira 3 sendok makan sambil ditekan-tekan sampe padat.
5. Lipat, tahan lipatan dengan lidi (saya pake tusuk gigi biar praktis), potong/patahkan sisa tusuk gigi dan gunting sisa daun pisang agar rapi. Lanjutkan sampe adonan habis.
6. Kukus 20 menit.

Hasilnya 35 buah

Saya tambahin tutorial bungkus ombus-ombusnya ya bunda..

Posting Komentar untuk "Resep dan Cara Membuat Ombus Ombus by Nita Rossilawati"