Resep Smoked Fish Sushi with Cucumber Wrapper

Resep Smoked Fish Sushi with Cucumber Wrapper
Resep Smoked Fish Sushi with Cucumber Wrapper - Hari ini saya sedang kesengsem sama sushi.
Well,saya sebetulnya bukan pecinta japanese food.
Setua ini saya belom pernah makan sushi yang beneran.kalo sushi sushian ya pernah lah ya.


Sushi ini saya buat hanya dengan timun sebagai wrappernya.dan untuk menggulungnya sendiri saya hanya mengandalkan plastik bening.
Karena Nori dan sushi mat harus dibeli online,sedangkan saya pengen bikinnya sekarang.
Berikut resepnya (mohon dimaafkan apabila dalam dunia persushian ada pakemnya,jelas jelas itu saya tabrak.saya hanya menggunakan apa yang ada saja,tidak ada bahan bahan dan alat yang memadai)

Resep Smoked fish sushi with cucumber wrapper

by Pipit Syafitri

Bahan


Nasi
1 cup beras pulen
2 sdm beras ketan,rendam dalam air hangar kuku selama 30 menit
1 sdm lemon juice
1sdt gula pasir
1/2 sdt garam
1 sdt thai fish sauce

Cucumber wrapper

2 buah timun jepang,iris tipis memanjang,lalu buat lebar sekitar 1,5 cm
1 mangkuk air matang dicampur 1/2 sdm garam
1 mangkuk air matang dicampur 2 sdm cuka dan 2 sdm gula pasir
1 lembar telor dadar lebar
Isian
1 lebar telor dadar iris memanjang
1 acar timun iris memancang
1 buah tomat iris kotak

Smoked fish
1 ekor ikan salem asap
2 siung bawang putih geprek
2 sdm minyak biji anggur (or anything)
Sejumput garam
1 sdt kecap ikan

Cara membuat


-nasi

Masak beras bercampur tepung ketan sampai matang,untuk ukuran air bisa sesuaikan dengan karakter beras masing masing ya.
Campur lemon juice,gula,garam dan kecap ikan dalam cawan kecil,aduk hingga rata.
Ketika nasi matang dan sudah di posisi warm,masukkan larutan lemon tersebut sedikit sedikit,tutup kembali dan biarkan dalam magic com selama 10 menit.


-untuk cucumber wrapper,rendam sayatan timun dalam air garam selama 10 menit,tiriskan lalu pindahkan ke mangkuk larutan cuka,rendam kembali selama 10 menit,tiriskan


-smoked fish.
Siangi ikan asap dan pisahkan dari durinya,
Panaskan minyak,masukkan bawang putih cincang,tumis hingga harum,masukkan ikan asap dan kecapikan,bumbui garam dan masak kembali hingga matang

Penyelesaian

-bentangkan plastik bening di meja datar(jangam dilantai ya)
-lalu buat anyaman dari timun (mohon maaf saya tidak menyertakan fotonya karena ga keburu,saya harap paham ya)
-letakkan telor dadar lebar ke atas permukaan timun yang dianyam
-letakkan nasi secara merata,tipis saja ya,basahi jari dengan matang bila diperlukan
-susun timun acar,dadar telur,smoked fish,dan tomat di pinggir secara rapi,lalu gulung sambil dipadatkan.
-bungkus dengan plastik,masukkan ke freezer selama 15 menit agar mudah dipotong.
-sajikan dengan taburan wijen sangrai

Isinya bisa anda sesuaikan dengan bahan yang ada di rumah ya.
Dan saya minta maaf apabila resep ini tidak sesuai yang ada
Wasalam

Posting Komentar untuk "Resep Smoked Fish Sushi with Cucumber Wrapper"