Resep Cara Membuat Soto Ayam Lamongan Enak Gurih Harum

Resep cara membuat soto ayam lamongan
Cara membuat soto ayam lamongan - Hari ini akhirnya  kesampaian juga saya Bunda,  bikin Soto Ayam Lamongan  menggunakan  ikan Bandeng yang di rebus dan di haluskan  bersama bumbu.  

Ini aroma dan rasa persis seperti yang saya sekeluarga  makan di sebuah rumah  makan Soto Ayam Lamongan.  Aroma nya khas (harum). Dan ternyata rahasianya ada pada ikan Bandeng.  

Walau agak sedikit  repot bikin bumbu dua kali.... Tapi ini nggak saya inapin semalaman untuk kuahnya.. Seperti  saran Bapak  Irawan Iwan, soalnya udah nggak tahan lagi pengen makan bersama  keluarga.  Saya masak kuah dan pelengkap tadi pagi  dan sore tadi saya lanjutkan menambah bumbu dengan ikan Bandeng yang di haluskan bersama bumbu.  Dan hasilnya sangat luar biasa Bun... Enak gurih harum. Sayang nggak sempet bikin Koyanya. 

RESEP SOTO AYAM LAMONGAN 

By. Vivie Khanzwa 

Bahan : 
2 ekor ayam belah 4 ukuran sedang
1ekor ikan Bandeng 
Ceker ayam 
Ati ampela 

Bumbu halus : 
7 Bawang putih  
12 buah Bawang merah  
6 Kemiri  
2 ruas Jahe  
Lada halus secukupnya 
3 buah Kunyit, 
1 sachet Royko ayam, 
Gula dan garam secukupnya 

Bumbu pelengkap : 
5 lembar Daun jeruk buang tulang 
3 Sereh keprek 
2 lembar daun salam
Laos keprek
Daun bawang  secukupnya 

Pelengkap Soto : 
Keripik kentang,  
Telur rebus 
Tomat 
Daun seledri,  
Soun, kol dan Tauge rebus sebentar 
Bawang goreng 
Sambel, kecap dan jeruk nipis

Cara : 
1. Cuci  Bersih ceker dan ayam rebus di panci tepisah, ceker  rebus  1/2 empuk buang airnya tiriskan, masukkan ke panci rebusan ayam, Rebus sampai empuk. 
2. Tumis bumbu halus dan bumbu pelengkap Sampai  benar benar matang kecoklatan dan harum, matikan kompor,  tuangkan 3 sendok Sayur air kaldu ayam ke tumisan bumbu halus agar bumbu yang berkerak larut ( tapi tidak hangus bisa larut  di air kaldu) aduk tuangkan ke panci rebusan ayam dan ceker, kasih 1 sachet royko ayam 
3. Didihkan, angkat potongan ayam tiriskan.  Tambahkan air karena pada saat ayam diangkat air berkurang tambahkan air. Masukkan gula,dan garam secukupnya didihkan icip.icip  ya bun...rasa pas masukkan irisan daun bawang tunggu mendidih angkat. 
4. Goreng potongan ayam rebus tadi 1/2 matang.  Ademkan siap di suir suir saat mau di sajikan dengan potongan ati ampela ungkep.

ATI AMPELA UNGKEP  
Bumbu halus : 
Bawang putih  
sedikit ketumbar halus, 
Kunyit,  
Royko ayam 
sedikit gula. 

Ungkep sampai air asat dan matang. 

SAMBEL :
Cabe keriting, Cabe rawit merah, 1 siung bawang putih, blender halus tumis dengan  minyak sampai matang.  

Soto  siap di sajikan dengan suiran ayam, potongan ati ampela dan pelengkap soto.  Selamat mencoba Bunda.

Catatan :
Ikan Bandeng  di rebus yang sudah di bersihkan,  suir suir saya buang tulangnya. Lalu saya blender bersama bumbu soto ( separoh dari bumbu di atas) lalu saya tumis hingga harum kuning ke emasan.  Masukkan ke dalam kuah soto yang sebelumnya sudah  di buat.  Selesai siap di nikmati dengan aneka pelengkap  Soto.

Posting Komentar untuk "Resep Cara Membuat Soto Ayam Lamongan Enak Gurih Harum"