Resep Sempol Irit by Dewii Rachma Right


Waktu itu ada yang share resep sempol irit,katanya cuma modal 5 ribu rupiah. Saya lupa lagi nama mbaknya siapa. Dan saya juga lupa save resepnya.  sebenernya saya ragu mempraktekan resep ini,karena diresepnya tertulis digoreng sampai kekuningan. What?? Rumah saya di depok lho. Saya waktu itu tanya sama mbaknya "emang nggak bisa ya mbak gorengnya di rumah saja,nggak usah kekuningan soalnya kejauhan?" Mbaknya malah ketawa. Saya jadi bingung.

Dengan mengandalkan memory internal 32 gb ala emak-emak anak 3. Begini kira-kira resepnya.

Resep Sempol irit


5 sendok makan tepung sagu
5 sendok makan tepung terigu
Garam
Penyedap
Daun bawang iris tipis

Bumbu halus
Ketumbar
Lada
Bawang merah
Bawang putih ( sedikit saja yaa.. Kita lagi bikin sempol,bukan racikan pengusir setan)

Campur semua bahan di dalam sebuah wadah ya,aduk sampai rata,lalu siram dengan air panas sedikit-sedikit. jangan sampai kalis ya ibu-ibu,ini adonan sempol bukan donat ataupun roti. Pokoknya adonan lebih lengket dari adonan cilok. Jangan lupa tes rasa ya ibu-ibu, pastikan rasanya pas,bisa tambah kaldu bubuk biar tambah maknyus, jangan tambahkan rasa dari masa lalu yang masih tertinggal ya ibu-ibu,nanti sempolnya jadi galau. Lalu bentuk adonan di tusuk sate,bukan tusuk konde yang sempat viral itu ya,ini sempol bukan ibu indonesia. Setelah semua dibentuk,kira-kira menghasilkan 12 tusuk sempol,rebus sempol. tunggu sampai sempolnya ngambang, kalau sudah ngambang itu tandanya sempol sudah matang,bukan tanda sempol udah lama mati. Tiriskan.

Sambil nunggu sempol tiris,ambil 1 butir telur,boleh telur ayam,bebek ataupun angsa,asal jangan telur palsu yang ada di depan kasir alpamart aja ya,ntar bapak-bapak pada curhat lagi medsos. Kocok telur menggunakan garpu. Kocok dengan kecepatan sedang,jangan terlalu cepat ya ngaduknya,kita lagi bikin sempol bukan balapan motoGP. Beri sedikit garam. 

Celupkan sempol di kocokan telur,pastikan benar-benar rata nyelupinnya. Setelah semua dicelupkan,siapkan penggorengan diatas kompor. Tuang minyak agak banyak biar sempol terendam minyak dengan sempurna. Pastikan kompornya nyala dan gasnya nggak abis ya bu,jangan kayak mbak yang waktu itu,orang-orang lagi sibuk sama status kontroversial eh dia sibuk nanya kenapa dia kukus bakpao nggak mateng-mateng padahal udah 2 jam. Setelah orang bantu kasih solusi,mungkin adonannya salah,dan lain-lain,dengan tanpa dosa mbaknya bilang lupa nyalain kompor. Masha Alloh. 

Goreng sempol diatas minyak panas dengan api sedang yaa.. Kali ini nggak usah sampai kekuningan,cukup goreng di dapur masing-masing saja sampai kira-kira matang. Setelah matang,sempol siap dihidangkan. Bisa dicocol kecap,mayonaise,saus tomat atau saus cabe,asal jangan celupin oli bekas trus dibakar ya ibu-ibu,inget selalu,ini sempol bukan mantan. 

Semoga bermanfaat. Saya juga mau berterima kasih sama mbak yang pernah kasih resep ini,mohon maaf saya nggak bisa sebut namanya. Yang pasti dia bukan yuni,si mbak-mbak pelakor itu,jangankan bikin sempol dia mah,mau makan aja susah,dilabrak mulu sama ibu riris,Eh!

Wassalam

Emak-emak anak 3. Rajin masak doyan makan tapi nggak gemuk-gemuk.

#janganlupabersyukur

Note: photo nya punya saya sendiri,ngambil photonya pas 3 mahluk Tuhan lagi terlelap dalam mimpi indah tentang sempol ayam.

Bu ibu dilarang komen pakai sticker yaa

Posting Komentar untuk "Resep Sempol Irit by Dewii Rachma Right"