Resep Peach Gum Sweet Dessert

Resep Peach Gum Sweet Dessert
Resep Peach Gum Sweet Dessert - Termakan bujuk rayu kang obat ehh kang piso, etta nyoba bikin dessert satu ini. Dengan bahan utama getah pohon peach yang mengkristal, dihidrasi, lalu dikumpulkan bersama bahan-bahan lain.

Verdict : etta suka banget si peachgum, enaaaak diminum pake marjan melon palsu. Kalo di dessert full gini, perlu pembiasaan sih, etta kan ga suka segala jenis herba kering apalagi yang dijanjikan buat obat.

Jadi... kulit kenyal tjantik mempesonah, kumenunggumu

Peach Gum Sweet Dessert

Oleh: Budiman Halim

Makanan ini belum populer di Indonesia, tapi bayangkan ada semacam jeli kenyal empuk, yang enak dimakan, menyehatkan dan membuat kulit kenyal dan tampak awet muda? Tertarik? Saya tahu para perempuan langsung mulai membaca dengan lebih cermat. Nama makanan gaib ini adalah peach gum (tao jiao)

Peach gum adalah getah dari pohon persik yang mengering sehingga wujudnya menjadi seperti semacam kristal dengan warna beragam, dari kekuningan hingga kemerahan. Cantik sekali, sehingga dalam bahasa China yang puitis kadang disebut sebagai air mata bunga persik. Peach gum juga sering dikenal sebagai tao jiao atau peach resin.

Selain memiliki manfaat kesehatan yg terekam dalam catatan pengobatan tradisonal China, konon tao jiao dikenal kaya kolagen dan asam amino yang membuatnya mudah diserap tubuh. Kolagen inilah yang biasanya kita kenal baik untuk perawatan kulit sehingga kenyal dan kencang. Ditambah lagi harganya yang relatif lebih terjangkau dibandingkan sarang burung walet, salah satu bahan makanan paling terkenal untuk kesehatan dan kecantikan namun harganya sangat tinggi, membuat tao jiao mulai populer lagi.

Jadi bagaimanakah rasanya? Rasanya hampir tawar dan cenderung netral, sehingga fleksibel dipakai sebagai bahan makanan, teksturnya kenyal sekaligus empuk, merupakan sensasi tersendiri ketika mengunyahnya, dan warnanya cantik! Walau bisa dimasak dalam sup gurih atau dimasak bersama dengan daging, tao jiao paling dikenal dalam keluarga tong sui (dessert soup, sup manis), dimana tao jiao biasanya disajikan bersama salah satu / kombinasi dengan yan wo (sarang burung walet), bai mu erl (jamur salju), hong zao (kurma cina, kurma merah), atau gou qi (kici, goji berry), lengkeng kering, atau buah buahan lain.

Resep dibawah hanya memakai tao jiao sebagai highlightnya, agar semua dapat membuatnya tanpa terlalu rumit, sekaligus mengetahui bagaimana cara mempersiapkannya. Cara yang mudah ini, dapat diaplikasikan dengan bahan2 tambahan diatas untuk membuat dessert yang lebih lengkap. Lihat catatan dan keterangan gambar pada kolom komentar untuk keterangan lebih jelas dan lengkap 🙂

Bahan:

  • 30 gr peach gum (sekitar 8-10 butir)
  • Air bersih
  • 50 gr gula batu atau sesuai selera
  • 3 lembar daun pandan


Cara:

  1. Taruh peach gum dalam wadah, rendam dengan banyak air. Diamkan minimal 6 jam. Peach gum akan mengembang.
  2. Bersihkan dari kotoran seperti kulit pohon, atau debu.
  3. Rendam lagi dalam air minimal hingga 12 jam dalam kulkas. Peach gum akan mengembang menjadi lebih besar, tiriskan jika ingin dimasak.
  4. Didihkan 1-1,5 liter air, masukkan gula batu, aduk hingga semua gula larut.
  5. Masukkan peach gum, masak kira2 10-15 menit hingga mendidih kembali. Jangan terlalu lama atau peach gum akan larut dalam air rebusan.
  6. Dapat disajikan hangat atau dingin, enak!

Note:

  • Jangan sekarat merendam peach gum langsung banyak, peach gum bisa mengembang menjadi banyak banget, hampir 10 kali lipatnya. Bisa kewalahan bersihinnya ndak selesai2!
  • Perendaman pertama membuat peach gum lebih mudah dibersihkan, karena jika sudah direndam terlalu lama, peach gum akan menjadi terlalu lunak ketika dibersihkan sehingga mudah hancur.
  • Direndam dalam kulkas karena kadang kalo diluar menjadi mudah basi jika wadah kurang bersih atau dimasuki mahluk lain. Agak males kan ya kalo pas mau dimasak malah nemu ada cicak lagi spa di kolam peach gum
  • Wadah yang digunakan untuk memasak hanya keramik (atau kaca) atau stainless steel, selain itu tidak dianjurkan. Demikian juga mangkuk berlapis lapisan keramik, teflon dsb, tidak boleh. Selain merebus dapat juga ditim (dalam kukusan), atau double boiler (taro dulu dalam wadah keramik, lalu wadah yg sudah tertutup ini yg direbus perlahan). Jika ditim atau double boil, waktunya bisa 1,5-2 jam. Lama ya? Cantik emang gak gampang gengs, butuh pengorbanan...
  • Beli dimana? Biasanya peach gum ada di toko herbal china, apotik, atau sekarang, cek di market place (udah cek, ada. Bukan saya yg jual, tenang).
  • Peach gum masih bisa disajikan bersama susu, bisa dengan potongan pir yang dimasak sebentar, pepaya, atau buah2 segar lainnya.
  • Konon karena dia punya efek melancarkan pencernaan, dia TIDAK BOLEH dikonsumsi ibu hamil dan balita yg masih rentan regulasi pencernaannya.
  • Jangan tanya siapa yg pertama kali menemukan bahwa getah persik bisa dijadikan dessert, saya pun bingung benda alien begini bisa dimakan. Mungkin seorang filsuf tingkat dewata atau orang berimajinasi tinggi yang terlalu nganggur...who knows 😌

Referensi diambil dari Michellin guide dan beberapa literatur lain + sedikit dongeng

Have fun in the kitchen!

*sumber: Neng Etta

1 komentar untuk "Resep Peach Gum Sweet Dessert "

  1. Klo bahan panci alumunium boleh ga dipake buat masak peach gum Dan bahan herbal lainnya?

    BalasHapus