Resep Chiffon Cake by Fah Umi Yasmin

 


Resep Chiffon Cake

by Fah Umi Yasmin (FB Langsungenak)


Tetap tidak bosen bikin ini, resepnya sudah 2 kali saya share digroup ini, cuma ini tadi saya tambahi kuning telor 1, susu kotak saya pakai 140 ml, minyak goreng pakai 35 ml, tetap sukses meski tanpa pengembang apapun.

Karena masih banyak yang tanya resep, padahal sudah 2 kali saya share.

Asli enak, empuk kempus kempus, lembut, 3 hari masih tetap empuk, asal taruh ditempat tertutup.

Oh ya ini gula saya kurangi yang dalam kurung ya.

Karena ini alami tanpa pengembang, jadi telor harus yang baru masih kental putihnya, kalau putihnya sudah agak cair harus butuh bantuan pengembang, bisa ditambahi Emulsifier / Baking Powder ya.

Bahan A :

Resep : Anna Bhiey
By : Fah Umi Yasmin
5 butir putih telur yang baru
1/2 sendok teh garam halus
1/2 sendok teh cream of tartar { ganti 1 sdt air lemon / jeruk nipis kalau tidak ada }
80 gr gula pasir dimikser sama putih telur

Bahan B

Resep : Anna Bhiey
By : Fah Umi Yasmin
125 gr terigu
70 gr gula pasir { Saya 50 gr, dicampur sama adonan terigu }
90 gr minyak sayur { saya 35 ml }
85 ml susu cair { saya 140 ml }
5 butir kuning telur { saya 6 kuning }

Cara buat :

Mikser putih telur, garam, cream of tartar, gula yang 80 gram sampai ngembang kalau dibalik tidak tumpah, masukkan air lemon.

Campur terigu, gula, minyak, susu cair sama kuning telur aduk rata

Tuang sedikit sedikit adonan putih telur ke adonan kuning telur aduk rata, jangan pakai mikser ya pakai spatula, aduk balik, pelan pelan.

Tuang kedalam loyang khusus chiffon, jangan dioles minyak/margarin, saya cuma kasih alas kertas bawahnya saja, tanpa pinggir.

Oven sampai matang temperatur 165 rak tengah, sebelum 45 menit jangan buka oven supaya tidak amblas kuenya, ovennya kira kira hampir 1 jam tergantung oven masing masing. Fah oven cuma 35 menit sudah matang, loyang ukuran 21

Note : Untuk gula itu ada 2 ya untuk dicampur ke putih & kuning telor.

Karena ini alami tanpa pengembang, jadi telor harus yang baru masih kental putihnya, kalau putihnya sudah agak cair harus butuh bantuan pengembang, bisa ditambahi Emulsifier / Baking Powder ya, biar tidak bantat.

Untuk motif, ambil adonan 2-3sdm adonan, kasih warna, masukkan adonan putih 1/2, kasih adonan coklat 1 sdm melingkar ditengah, masukkan adonan putih lagi, hentakkan 3 kali, kasih adonan coklat ditengah, ukir pakai tusuk sate.

Setelah matang, loyang dibalik diatas botol.

Setelah dingin, nanti pinggir tusuk sama pisau saja muter, pisau yang tipis.

Posting Komentar untuk "Resep Chiffon Cake by Fah Umi Yasmin"