Resep Paha Ayam Kodok (Payko)

Belum berani eksekusi Ayam Kodok full, jadi akhirnya buat Payko (Paha Ayam Kodok) saja dulu. Apalagi minggu lalu mbak Nona Syamsuddin posting tutorial step by step payko (lengkap dengan fotonya), sehingga saya jadi lebih percaya diri untuk mencobanya. 

Review dari anak-anak, payko terlalu terasa rempah-rempahnya. Sepertinya pemakaian pala bubuk dan merica bubuk harus dikurangi. Khusus untuk sausnya, pemakaian garam juga wajib dikurangi, karena rasanya terlalu asin. Tetapi di luar itu semua, payko resep ini menurut saya cukup enak dan layak untuk di trial kembali..

Paha Ayam Kodok
Paha Ayam Kodok
PAHA AYAM KODOK (PAYKO)

Resep: Nona Syamsuddin
Recook: Abigosh's Kitchen


Bahan:
1 kg paha ayam bagian bawah
200 gr kentang, rebus & haluskan
750 cc air
3 lbr daun salam
150 gr tahu putih, haluskan
2 lbr roti tawar, rendam air & peras
1 sdt garam
1 sdt gula
1 sdt kaldu ayam bubuk/blok
1/2 sdt pala bubuk
1/2 sdt merica bubuk
1 btr telur
Alumunium foil secukupnya (seukuran loyang)
Daun pisang secukupnya (seukuran loyang)
Sayuran secukupnya (wortel, buncis, brokoli)
Kentang secukupnya, rebus atau goreng


Bahan olesan:
1 sdm margarin
2 sdm kecap manis
1/2 sdt pala bubuk
1/2 sdt merica bubuk


Bahan saus:
1/2 bh bawang bombay, potong dadu
2 siung bawang putih, cincang halus
2 sdm margarin utk menumis
400 cc air kaldu
2 sdm kecap inggris
3 sdm kecap manis
2 sdt garam
2 sdt gula
1/2 sdt pala bubuk
1/2 sdt merica bubuk
2 sdm munjung terigu, larutkan dengan 100 cc air kaldu
100 gr jamur, iris-iris


Cara membuat:
1. Cuci bersih paha ayam, kemudian kuliti. Hati-hati jangan sampai sobek terkena kuku tangan. Sisakan sedikit ujung tulangnya (kira-kira 2 cm), lalu potong daging paha tsb dan tulangnya, sisihkan.
2. Pisahkan daging paha dari tulangnya, lalu cincang dagingnya. Atau giling pakai food processor untuk mendapatkan tekstur yg lebih halus.
3. Rebus tulang dengan air dan daun salam hingga air susut sedikit (kira-kira 10 menit). Takar air kaldu sebanyak 500cc.
4. Masukkan dalam wadah daging cincang, kentang, tahu, roti tawar, garam, gula, kaldu ayam, pala bubuk, merica bubuk, telur, lalu aduk rata.
5. Siapkan loyang yg dialasi aluminium foil dan daun pisang pada bagian atasnya. Masukkan adonan daging ke dalam kulit paha ayam, padatkan, kemudian susun payko di atas loyang. (Sisa adonan bisa dimanfaatkan untuk membuat menu lain.)
6. Siapkan bahan olesan. Campur margarin, kecap manis, pala bubuk, merica bubuk, lalu aduk rata.
7. Oles permukaan payko hingga rata, lalu panggang dengan suhu 180°C selama 1 jam. Setiap 20 menit payko dibalik dan diberi olesan. (Jadi menit ke-20 & ke-40, keluarkan loyang, balik payko, beri olesan, lalu panggang kembali.)
8. Rebus sayuran & goreng kentang sebagai pelengkap.
9. Siapkan saus. Masukkan margarin ke dalam wajan dan tumis bawang bombay dan jamur hingga layu, masukkan bawang putih dan tumis hingga wangi.
10. Masukkan air kaldu, masak hingga mendidih. Tambahkan kecap inggris, kecap manis, garam, gula, pala bubuk, merica bubuk.
11. Terakhir masukkan larutan terigu sambil terus diaduk hingga kental dan mendidih, lalu angkat. Payko, saus dan sayuran pelengkap siap dihidangkan.


*sumber: Rini Tarigan


*

Posting Komentar untuk "Resep Paha Ayam Kodok (Payko)"