Resep Cendol Hunkwe Ala Funny's Kitchen

Cara Membuat Cendol Hunkwe Ala Funny's Kitchen - Es Dawet Ayu atau Es Cendol adalah minuman khas dari Kabupaten Banjarnegara. Dawet Ayu mudah ditemukan di pasar-pasar tradisional. Es Dawet Ayu Asli Khas Banjarnegara lezat serta segar dan sangat cocok diminum pada cuaca panas, es dawet dapat diminum panas atau pun dingin dengan menambahkan es batu (*source: wikipedia).

Naah, berhubung saya tinggal di LN jadi agak susah yah buat cari si Es Cendol ini, maka mau tidak mau harus bisa bikin sendiri. Beberapa waktu lalu saya beli yang kemasan instant langsung jadi, caranya sangat mudah sekali memang hanya tinggal tambah air lalu adonan pun jadi dan siap di cetak. Namun, karena saya beli tidak banyak jadi saya harus cari akal bagaimana caranya bisa bikin adonan cendolnya from scratch.

Baca Juga Resep dan Cara Membuat Sempolan
Akhirnya saya pun melakukan eksperimen sendiri didapur, dengan menggunakan bahan-bahan yang ada terciptalah es cendol homemade. Di foto terlampir ada dua warna es cendol, sengaja saya bikin berbeda untuk sekedar perbandingan saja. Es cendol yang warna hijau adalah yang saya buat dari kemasan instant, sedangkan yang warna merah adalah es cendol yang saya buat from scratch (homemade).

Hasilnya? Ternyata yang homemade teksturnya sebelas dua belas atau mirip dengan yang saya bikin pakai kemasan instant, yeaaayyy... I did a great job. Yang mau ikutan bikin monggo dilihat resepnya dibawah ini, lumayan kan buat persiapan puasa Ramadhan nanti hihihi.


Resep Es Dawet Ayu

Resep Cendol Hunkwe Ala Funny's Kitchen

Bahan:
  • 200gr tepung hunkwe
  • 3 sdm tepung beras
  • 3 sdm gula pasir
  • 1 bungkus agar-agar merah
  • 1000ml air matang
  • Cetakan khusus cendol
  • Es batu yang agak banyak & air es
*Kalau mau cendolnya berwarna siapkan food coloring yang food grade.

Cara buat cendol:

  1. Larutkan tepung hunkwe dan tepung beras dengan 500ml air matang, pada tahap ini bisa tambahkan food coloring (kalau mau berwarna), lalu aduk dengan balon whisk.
  2. Sementara itu, masak 500ml air, gula dan agar-agar sampai mendidih, aduk dengan balon whisk. Masukkan campuran tepung hunkwe tadi, aduk rata. Dinginkan sampai kental.
  3. Siapkan cetakan cendol, isi dengan adonan tepung, mulai cetak di atas wadah berisi air es & es batu. Sisihkan. Siap di santap dengan pelengkap. Selamat mencoba yah teman-teman.
Pelengkap:
• Kuah santan --> 400ml santan kental + 400ml susu cair + 1 daun pandan + 1/2 sdt garam. Masak semuanya jadi satu, sisihkan.

• Kuah gula merah --> 200gr gula merah + 100gr gula pasir + 300ml air + 1/4 sdt garam + 1 daun pandan. Masak semuanya jadi satu, sisihkan.


*sumber : Fani Valenzuela

Posting Komentar untuk "Resep Cendol Hunkwe Ala Funny's Kitchen"