Resep Crunchy Cream Puff ( Choux Au Craquelin )

Resep Crunchy Cream Puff ( Choux Au Craquelin )
Cara Membuat Crunchy Cream Puff ( Choux Au Craquelin )Masih dengan resep yang sama. Resep soes saya dapat dari Dapur Vanilla (resep original pak Sahak). Yang berbeda hanya resep Craquelin (topping), saya pakai resep dari Eugenie Kitchen dan saya lebih sreg pakai resep yang ini :) supaya craquelinnya lebih lucu, saya tambahkan pewarna pink dan coklat bubuk untuk warna coklatnya. berikut saya tulis lagi resepnya yaa :)


Resep Crunchy Cream Puff ( Choux Au Craquelin ). 

Oleh Cherry Cacao

Resep Craquelin Eugenie Kitchen 
Craquelin :
- 55 gr butter ( saya 82 gr margarin )
- 65 gr gula ( saya 97 gr )
- 65 gr tepung ( saya 97 )

Resep cream Honeykki
- 250 ml susu
- 3 kuning telur
- 50 gr gula (saya 55 gr gula )
- 25 gr tepung
- 200 ml whipped cream + 2 tbsp gula ( saya 150 gr whipped cream bubuk + 300 ml air dingin dan 2 tbsp gula halus )

Soes Ala Pak Sahak :
Kulit Sus: 
100 gr butter
110 gr air
1 sdt garam (saya ½ sdt aja)
120 gr tepung terigu ( saya menggunakan tepung terigu protein tinggi untuk hasil yg lebih mengembang dan garing. Bisa juga menggunakan tepung serbaguna )
3 butir telur ayam (ukuran sedang)

Cara membuat:
A. Cara buat cream : ( ala saya) 
1. Campur semua bahan (kecuali whipped cream), tuang di panci. Rebus di atas api kecil sambil diaduk terus sampai adonan kental & berat. Taruh di wadah. Tutup dengan plastic wrap sampai menyentuh dan menutup seluruh permukaan vla nya
2. Kocok whiped cream sampai kaku. Satukan sedikit-sedikit dengan vla nomor 1.

B. Cara buat Craquelin :
Campur semua bahan. Jika sudah tercampur Lalu remas remas pakai tangan, satukan smua dan bentuk bulatan. Taruh bulatan di atas baking paper, Tutup craquelin dengan baking paper lalu giling kira kira 3mm. Bekukan. Keluarkan craquelin ketika akan di gunakan lalu cetak bulat-bulat sesuai ukuran adonan soes (untuk lebih jelas bisa cek youtube channel Honeykki)

C. Cara buat kulit soes: 
1. Rebus butter, air dan garam sambil diaduk sampai mendidih. 
2. Masukkan terigu, aduk rata. Kecilkan api, masak terus sambil diaduk sampai kalis. Angkat dan dinginkan.
3. Tambahkan telur sedikit-sedikit sambil dikocok rata. Masukkan dalam kantung plastik segitiga. Semprot dengan spuit di loyang yang sudah dioles margarine tipis tipis. taruh craquline yg sudah dicetak bulat di atasnya.
4. Oven dengan suhu 180°C selama 35 – 45 menit sampai matang dan kering. Beri filling setelah sus dingin dan menjelang disajikan.

Posting Komentar untuk "Resep Crunchy Cream Puff ( Choux Au Craquelin ) "