Resep Roti Isi Sosis

Roti isi sosis

Resep dasar killer soft bread by Victoria Bakes
Rebake by Riza Aura

Resep Roti Isi Sosis

Bahan:
^ 260 gr terigu cakra
^ 3 gr yeast / ragi instan
^ 30 gr gula pasir
^ 1 telur + susu cair = 170 gr
Perkiraan dalam resep 160 - 180 gr
^ 1/4 sdt bread improver (optional/resep asli ga pakai)
^ 30 gr butter ( saya pakai margarin)
^ sejumput garam

Olesan:
1 kuning telur
3 sdm susu cair

Isian roti: sosis, saus tomat
Topping: oregano, keju parut

Cara:
^ Campurkan tepung terigu, gula pasir, bread improver dan ragi instan hingga tercampur rata
^ Masukkan campuran telur dan susu, uleni hingga kalis
^ Kemudian tambahkan butter/margarin dan garam
^ uleni lagi sampai kalis elastis
Tahap ini penting, untuk dapat roti yang seratnya halus dan empuk
^ istirahatkan adonan. Tutup dengan plastik cling wrap sampai mengembang 2 atau 3 kali lipat waktunya ± 45 menit
^ kempeskan adonan, lalu timbang adonan @ 50 gr lalu di bulatkan atau di rounding
^ istirahatkan lagi adonan. Kalo saya tutup plastik supaya ragi bekerja cepat, waktunya ± 45 - 1 jam
^ setelah mengembang, ambil 1 bulatan, gilas dengan rolling pin lalu beri isian dan mulai di bentuk
^ istirahatkan lagi roti yang sudah di bentuk waktunya ± 45 menit sampai mengembang 2x lipat
^ poles permukaan dengan campuran susu + kuning telur, beri topping, siap di oven
^ panggang dengan suhu ± 180ΒΊc waktunya ± 12-15 menit
^ segera setelah di angkat, oles roti dengan butter / margarin supaya permukaannya tetap lembab
^ setelah uap panas nya hilang simpan dalam wadah kedap udara

Note: saya ga hitung 1 resep jadi berapa roti, karena saya bikin 9x resep di atas, hasilnya sekitar 80-90 pcs. Lupa hitung karena udah banyak masuk ke perut saya πŸ˜„πŸ˜
Saya pakai susu cair dingin dari kulkas. Mungkin saya salah, soalnya ga ada keterangan harus suhu brapa susu cairnya. Tapi hasilnya bagus bagus aja

Posting Komentar untuk "Resep Roti Isi Sosis"