Resep Cheese Cotton Cake by Vonny Ambar

Cheese Cotton Cake by Vonny Ambar
Cheese Cotton Cake by Vonny Ambar
Cara mudah membuat Cheese Cotton Cake - Japanese Cheese Cake atau Japanese Cotton Cheese Cake merupakan cake yang mempunyai tekstur lembut, halus, dan ringan. Berbeda dengan cheesecake pada umumnya, cake yang berbahan creamcheese, mentega, gula, tepung, whipped cream, dan telur ini mengandung lebih sedikit keju dan gula.

Seiring berkembangnya dunia baking cooking sekarang ini maka beberapa bahan bisa diganti dengan bahan lainnya. Seperti creamcheese bisa digantikan dengan keju yang lainnya misal keju cheddar atau spread cheese/keju oles yang mirip seperti creamcheese atau dengan keju lainnya. Sedangkan whipped cream juga bisa digantikan dengan susu cair atau cream kental. Jumlah gula dan keju juga bisa ditambah atau dikurangi sesuai dengan selera.

Yang pasti tidak ada yang baku untuk resep Japanese CheeseCake ini. Demikian dengan resep ini yang pasti mirip dengan resep-resep cheesecake lainnya.

Kenapa kok namanya CHEESE COTTON CAKE? Karena kejunya bisa diganti.dengan cheddar atau creamcheese

Selamat mencoba 😊
---------

Resep Cheese Cotton Cake

Ala Vonny Ambar

Bahan I :
3 kuning telur
75 gram fresh milk / fresh cream (bisa mix)
40 gram mentega
150 gram keju oles
45 gram gula pasir
60 gram tepung protein rendah
1/4 sdt parutan kulit lemon (optional, disesuaikan dengan selera)
1/2 sdm makan air lemon (disesuaikan dengan selera)

Bahan II :
3 putih telur
25 gram gula pasir
1/2 sdm makan air lemon
3 gram garam

Cara Buat :
● Bahan I : campur fresh milk/fresh cream, keju oles, dan mentega. Panaskan tapi jangan sampai mendidih (saran menggunakan cara double boiling seperti mencairkan coklat), matikan api kompor. Aduk sampai semuanya lembut kemudian masukkan gula, parutan kulit jeruk, dan air lemon. Aduk rata. Masukkan kuning telur, aduk rata kemudian masukkan tepung terigu, aduk rata.
● Bahan II : kocok putih telur dan garam menggunakan kecepatan rendah hingga mendapatkan bubbles/butiran yang lembut. Naikkan kecepatan, masukkan gula sedikit demi sedikit sambil tetap dimixer kemudian masukkan air perasan lemon. Naikkan kecepatan dan kocok sampai kaku (ingat : ada 3 tingkat kekakuan putih telur : soft peak, medium peak, dan hard peak).
● Campur bahan I dan bahan II. Gunakan teknik pancing dengan cara masukkan bahan II ke dalam bahan I. Aduk balik sampai tercampur rata, lakukan sampai bahan II sampai tinggal 25%. Kemudian tuang bahan I yang sudah tercampur dengan bahan II ke dalam wadah bahan I semua dan aduk balik sampai tercampur rata.
● Siapkan loyang diberi alas kertas dan dioles mentega. Tuang adonan ke dalam loyang kemudian hentakan / banting dengan pelan agar udara di dalam adonan keluar.
● Panggang dengan metode au bain marie (silahkan membaca penjelasan mengenai metode au bain marie ada pada catatan di bawah) dengan suhu 150°-160° C (atau sesuai dengan karakteristik oven masing-masing) selama 60-70 menit. Jangan lupa tes tusuk.

Catatan :
¤ Bila menggunakan keju cheddar, saran saya parut dengan parutan yang halus agar cepat larut dalam fresh milk / fresh cream.
¤ Menggunakan loyang ukuran 16 cm x 16 cm atau loyang diameter 18 cm
¤ Untuk loyang sambungan, bagian luar loyang bisa dibungkus dengan aluminium foil atau dengan isolasi khusus untuk loyang
¤ Gunakan api kecil setelah suhu oven sesuai dengan yang diinginkan (sesuai dengan karakteristik oven masing-masing) agar warna bagian atas rata.
¤ Agar bagian atas bisa kering maka 10-15 menit terakhir gunakan api atas. Bila tidak ada api atas bisa gunakan cara mengganjal loyang agar lebih tinggi sehingga posisi cake akan mendekati bagian atas oven yang mana suhunya lebih panas daripada tengah oven.
¤ Untuk air perasan lemon bisa diganti dengan air perasan jeruk nipis/lime
¤ Untuk parutan kulit lemon bisa di-skip bila tidak suka dan bila menggunakan air perasan jeruk nipis/lime
¤ Untuk yang suka manis bisa menambahkan gula 5-10 gram dari resep di atas atau sesuai selera masing-masing
¤ Untuk penambahan keju cheddar bila memakai keju oles, mohon untuk diperhatikan keasinan dari campuran 2 keju tersebut karena beda merk beda keasinannya. Maka harus ditambahkan gula untuk mengurangi keasinan dari keju.
¤ Keju oles bisa diganti dengan keju cheddar sebanyak 100-125 gram dan gula disesuaikan agar tidak terasa asin sekali.
¤ Keju oles bisa diganti dengan 150-200 gram cream cheese dan bisa ditambahkan 50 gram mascarpone
¤ Bila memakai cream cheese dan mascapone, gunakan gula sebanyak 55 gram atau disesuaikan dengan selera. Begitu juga untuk air lemon dan parutan kulit lemon
¤ Apa itu metode au bain marie atau water bath ? Metode au bain marie atau water bath adalah teknik dimana memanggang dengan merendam dalam air. Caranya dengan loyang adonan dimasukkan ke dalam loyang lebih besar yang sudah diberi air, tinggi air sekitar 1-2 cm dr dasar loyang. Bila air habis dan belum selesai memanggang, air bisa ditambahkan dengan air panas. Dengan menggunakan metode ini, akan menghasilkan cake yang lembut dan halus juga moist (tidak kering). Biasanya digunakan untuk pudding custard, klapertaart, cheesecake, dll

#Kanachekitchen
#homemade
#cheesecake
#spreadcheesecake
#JapaneseCheeseCake
#cheesecottoncake
#JapaneseCottonCheeseCake

Posting Komentar untuk "Resep Cheese Cotton Cake by Vonny Ambar"