Resep Klepon Ketan Gula Merah

Resep Klepon Ketan
Cara membuat Klepon Ketan Gula Merah - Pagi ini saya bikin salah satu jajanan pasar kesukaan saya, klepon. Ini salah satu makanan manis yang masih tolerable buat saya, karena biasanya saya kurang suka makanan manis. 

Tadinya sih warna hijaunya mau pakai pewarna alami, tapi berhubung mager jauh-jauh ke pasar cuma untuk beli daun pandan, jadi warna hijaunya saya pakai pewarna makanan saja. 

Saya bikin porsi kecil karena Sasa sedang ikut abinya syuting dan biasanya pulang malam. Yang mau bikin banyak tinggal kalikan saja resepnya sejumlah pasukan masing-masing ya, hihi... 


Resep Klepon Ketan Gula Merah

(Untuk 27 bulatan) 
by Nurul Irmawati

Bahan Bola Ketan:
- 125 gram tepung ketan 
- 25 gram tepung beras
- 150 ml air (yang mau pakai pewarna alami bisa pakai daun pandan yang diblender bersama air)
- 7 tetes pewarna hijau muda
- Secukupnya air untuk merebus adonan

Bahan Isian:
- 75 gram gula merah, atau sesuai selera, sisir halus

Bahan Balutan:
- 1/2 butir kelapa parut, kukus dulu 20 menit supaya gak mudah basi
- Garam, secukupnya

Cara Membuat:
1. Uleni bahan bola-bola sampai bisa dibulatkan sambil ditambahkan air dan pewarna makanan hingga merata. Jangan terlalu lembek nanti kleponnya gembos, kalau terlalu kering nanti gampang bocor gulmernya. 
2. Isi bagian tengahnya dengan gulmer sisir, lalu bentuk bola-bola, langsung masukkan ke dalam air rebusan yang sudah mendidih. Ini penting karena kalau dibiarkan dulu nanti gulmernya mencair dan adonan pun meleleh dengan suksesnya. 
3. Rebus bola-bola hingga mengambang, angkat, tiriskan. 
4. Gulingkan di kelapa parut yang sudah dicampur dengan garam sesuai selera. 

Selamat mencoba! :)

Postingan ini juga bisa dibaca di blog saya: www.dapurumima.blogspot.com

Posting Komentar untuk "Resep Klepon Ketan Gula Merah"